Perumusan Metologi

Nama    : Radhy arsya as shidiq

NPM     : 202246500002

Kelas    : R4A

           

" LOGO INDOMARET DAN MASKOT SI DOMAR "


Pendahuluan

Kata logo diambil dari kata logotype yang digunakan pada tahun 1980 sampai dengan tahun 1984, yang memiliki arti tulisan nama entitias yang secara khusus dibentuk dengan menggunakan teknik lettering atau jenis huruf tertentu yang unik. Pada awalnya bentuk-bentuk logotype dibuat untuk memanfaatkan beberapa elemen tulisan saja. Kata logo juga merupakan serapan dari Bahasa Yunani kuno, yaitu Logos yang memiliki makna budi, akal, dan kata.

Dengan terus berkembangnya teknologi juga mempengaruhi dalam pembuatan logo, yang kreatif dan inovatif dengan menggambungkan beberapa elemen seperti gambar, skesa, warna, tulisan, dll.  Contoh pada logo salah satu marketplace Indonesia yaitu INDOMARET, dimana mereka membuat logo dengan gabungan dari tulisan dan warna.

Biasanya, suatu logo memiliki filosofi atau makna tertentu guna menciptakan sifat mandiri dan memilki ciri khas tertentu agar bisa membedakan logo yang satu dengan yang lainnya, baik dari segi tampilan, bentuk, hingga warnanya. Hal juga terdapat pada logo INDOMARET, dimana meraka mengunakan warna-warna yang memiliki filosofi yang sesusai atau harapan dari perusahan indomaret dan juga warna-warna tersebut sudah menjadi ciri khas mereka yaitu Biru, Kuning, dan Merah.

Warna adalah terjadinya pemantulan unsur Cahaya pada sebuah benda lalu diinterpresentasikan oleh mata berdasarkan Cahaya yang mengenai benda tersebut. menurut KBBI, warna merupakan kesan yang didapatkan oleh mata dari Cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Sedangkan secara subjektif atau psikologi, warna bisa diartikan sebagai bagian pengalaman mata atau Indera penglihatan manusia. Warna bisa diasumsikan sebgai rekasi otak terhadap rangan visual secara khusus.

Tidak hanya logo yang menjadi identitas sebuah Perusahaan, tetapi Maskot bisa juga membantu medeskripsikan sebuah perusahaan. Menurut KBBI, maskot adalah orang, binatang, atau benda yang diperlakukan sebagai lambang. Tujuan untuk mensimbolkan membawa keberuntungan atau keselamatan. Pada Perusahaan Indomaret juga memiliki maskot yaitu Domar, sekor semut yang menjadi simbol dari Indomaret.


Teoritik metodologi penelitian

Pada penelitan ini menggunakan teori semiotika Charles sandres pierce yang telah mengembangkan teori-teori semiotika, yang menjelaskan sebuah tanda-tanda tersebut dapat menyampaikan sebuah makna. Pada teori semiotika pierce adanya terkaitnya repsentamen dan objek untuk pengelompokan atau makna dari tanda tersebut, menurut pierce untuk menganilisis tanda perlu Menggetahui Ikon, Indeks, dan Simbol, digunakan untuk menganalisis makna dari warna-warna yang terdapat pada logo indomaret dan makna semut sebagai maskotnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini bersumber Facebook resmi indomaret dan observasi jurnal penelitian.


Trikotomi tanda pierce

Ikon

Pada logo indomaret terdapat tulisan dan warna, terdapat 3 warna yaitu Biru, Kuning, dan merah yang menjadi ikon dari logo indomaret. Dan terdapat maskot yang diwakili oleh semut yang Bernama domar.

Indeks

Pada logo Indomaret yang mengunakan 3 warna, warna- warna tersebut yang mendeskripsikan sebuah Perusahaan Indomaret, dengan mengunakan warna yang mudah diterima masyrakat Indomaret mudah dalam membuat indentitasnya. Dan visual maskot nya adalah semut, Indomaret ingin mengapliksikan sifat-sifat dari semut untuk menjadi simbolis bagi perusahaanya dengan memilih semut juga memudahkan Indomaret memperluas target pasarnya dengan dikemas visual semut menjadi kartun, akhrinya membuat daya tarik audiens baik anak-anak samapai dewasa.

Simbolis

pada terdapat warna Biru ( ketenagan ), Kuning ( keceriaan ), dan merah ( keberaninan ). Dan pada maskotnya semut mensimbolkan perkerja keras.

 

Interpretasi makna pada logo

Dalam sebuah logo terdapat beberapa warna yaitu Biru, Kuning, dan merah pada tiap warna memiliki makna yang mendukung atau mendeskripsikan dari Perusahaan Indomaret.

Pada warna biru merupakan symbol yang bisa memberikan kehangaatan, ketenangan, dan juga kematangan saat Indomaret melayani para konsumennya. Dimana Indomaret dalam menjadi Solusi dalam memenuhi kebutuhan dari konsumenya, meraka menjual dari kebutuhan dapur dan kebutuhan rumah tangga seperti bumbu, gas, minyak, sabun cuci piring, juga menjual Teflon ukuran sedang dan alat-alat masak lainnya. Mereka juga menjual makanan ringan dan aneka muniman untuk para konsumen anak muda dan juga terdapat olahan roti dan es krim.

Pada warna kuning merupakan symbol dari keceriaan dan ketulusan dalam melayani konsumen. Indomaret ingin memberikan pelayanan prima kepada para konsumen agar memberikan kesan profesional dalam memberikan pelayanan kepada para konsumen.

Pada warna merah merupakan symbol dari keberanian indomaret menjadi salah satu pionir retailer yang memiliki kaulitas unggul. Ini dibuktikan dengan Indomaret telah mendapatkan banyak penghargaan sebagai Perusahaan waralaba 2003 dan 2016, manjadi top franchise se ASEAN 2009 dan masih banyak lagi.

Lalu adanya ciri khas pada maskot Indomaret yaitu Si Domar sekor semut, alasan kenapa memilih semut sebagai maskot yaitu, semut mempunyai sifat yang royal, perkerja keras, rajin, dan ramah di lingkungan hidupnya, tak hanya itu saja semut juga mempunyai Kerjasama tim yang sangat baik. Ini merupakan harapan sikap-sikap yang ingin diaplikasikan dalam persuhaan Indmaret ini.

 

Kesimpulan

Dalam pembutan logo harus menganalisa objek apa? petanda apa? Yang dapat mewakili dari Perusahaan, pada contoh kasus logo Indomaret bisa dibilang sukses dalam pembutan logonya. Mereka mengunakan warna yang mudah diterima oleh indra mata yaitu Biru, kuning, merah dan juga warna-warna tersebut memiliki makna yang mendalam bagi perushaan dan juga sebagai doa atau harapan untuk perushaannya. Dan memilih semut sebagai maskotnya yang memberikan ciri khas sebagai perrkerja keras atau berambisi dan juga bisa kerja kelompok dengan baik seperti berkerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik ( pelayanan prima ) terdahap para konsumen.

Dengan keberhasilan mereka dalam membuat logo yang sukses atau bagus dalam memilih obejek (petanda) memudahkan meraka dalam membrandingkan perushaan mereka yang dapat menarik perhatian para calon konsumen dan memberikan peningkatan nilai pemasukan untuk perushaaan.


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA LOGO PERUSAHAAN ALLIANZ

Literature Review 20 Jurnal