ANALISA LOGO PERUSAHAAN ALLIANZ
Nama : Radhy arsya as shidiq
NPM : 202246500002
Kelas : R4A
ANALISA LOGO PERUSHAAN ALLIANZ
1. Pendahuluan
Komunikasi menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia, dalam
memenuhi kebutuhan hidup dan membagun sebuah hubungan baik individu per individu
maupun kelompok per kelompok. Dalam zaman dulu manusia mengunakan komunikasi
visual atau komunikasi non verbal dalam mengambarkan apa yang terjadi di wilayahnya.
Dengan mereka mengunakan komunikasi visual atau non verbal memudahkan kita pada
zaman sekarang untuk menterjemahkan atau memaknai pesan yang disampaikan, sedangkan
pesan yang mereka buat mengunakan komunikasi verbal sulit untuk diterjemahkan, perlu
mempelajari Bahasa mereka terlebih dahulu. Dengan terus berkembangnya zaman,
membuat Kesimpulan bahwa komunikasi yang efektif perlu mengunakan komunikasi
verbal dan non verbal.
Pada dunia industry adanya indentitas Perusahaan seperti nama,
tagline dan slogan. Tetapi dalam memberikan Gambaran sebuah indentitas Perusahaan
hanya mengunakan tulisan saja kurang dalam mendeskripsikannya, maka perlu mengunakan
komunikasi visual seperti warna dan element-element yang akan menjadi
indentitas Perusahaan tersebut. Oleh sebab itu para Perusahaan berlomba untuk
membuat logo yang unik dan mudah di pahami oleh para audiens.
Dengan memiliki logo yang unik dan mudah di pahami sangat
menguntungkan bagi perusahan tersebut, karena memudahkan dalam melakukan
branding image untuk Perusahaan tersebut. Dan juga membuat visual logo tersebut
melekat ke para audiens dengan bagitu akan mempengaruhi pemasukan yang didapat
oleh Perusahaan.
Makna yang didalam logo tidak hanya sebuah gambaran
perushaan saja tetapi ada moto dan harapan yang diinginkan oleh tiap-tiap
perushaan. Biasanya di implentasikan pada warna atau element-element visual
yang sesuai. Penulis ingin menganalisa tentang makna yang terdapat pada logo
perushaan Allianz.
2. Sejarah singkat logo Allianz
Bentuknya logo dari zaman ke zaman memiliki keunikan tersendiri
dari logo monogram, logo abstrak, logo teks, logo symbol dll. Pada perusahan di
bidang Perusahaan asuransi bergerak di bidang jasa pertanggungan atau
pengelolaan risiko. Mereka menyediakan produk-produk asuransi untuk melindungi
orang atau perusahaan dari kerugian finansial. Dalam kontrak asuransi, perusahaan asuransi berperan sebagai penanggung
risiko melalui mekanisme transfer risiko. Salah satu perushaan
asuransi adalah Allianz.
Pada perushaan Allianz mereka melakukan banyak melakukan perubahaan logo mereka, dari tahun 1890 -1923 mengunakan jenis logo embelm yang mengvisulkan logo elang hitam serupa dengan lambang negara jerman dan juga terdapat perisai yang melambangkan kota asal Allianz, yaitu Berlin dan Muenchen.
Pada tahun 1923-1977 mengunakan logo pictorial marks. Pada logo ini menggunakan ruang negative untuk menciptakan detail elang, dengan menampilkannya sederhana dan artistic dan juga terdapat 3 elang kecil yang mengsimbolkan 3 anak Perusahaan Allianz di Koln, Dresden, dan Hannover.
Pada tahun 1977-1999 mengunakan logo kombinasi, mengunakan tulisan dan element visual terdapat tulisan nama dari perushaan dan terdapat visual dari logo sebelumnya dengan ditambah lingkaran. Dan juga pertama kali menggunakan warna biru sebagai warna utama.
Dan sekarang logo yang dipakai adalah logo kombinasi yang
reverensinya dari logo sebelumnya, dengan konsep logo yang memadukan nilai
tradisional dan modern.
3. Tahap pendekatan
Pada penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif bersifat
deskriptif teknik pengumpulan data penelitian ini bersumber dari web perushaan
dan akun media sosialnya. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian
yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang
dan pelaku yang dapat diamati. Pendekatan ini dilakukan untuk menjelaskan dan
menganalisis fenomena individu atau kelompok, peristiwa, dinamika sosial,
sikap, keyakinan, dan persepsi. Dengan metode penelitian kualitatif bersifat
deskriptif untuk mengetahui makna dan visi misi yang terdapat pada logo.
4. Keranggka Teori
Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa
dengan arti tertentu dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah,
perkumpulan, produk, negara dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan
hal-hal lainnya yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama
sebenarnya (Caniago, 2012)
Kata logo diambil dari kata logotype yang digunakan pada
tahun 1980 sampai dengan tahun 1984, yang memiliki arti tulisan nama entitias
yang secara khusus dibentuk dengan menggunakan teknik lettering atau jenis
huruf tertentu yang unik. Pada awalnya bentuk-bentuk logotype dibuat untuk
memanfaatkan beberapa elemen tulisan saja. Kata logo juga merupakan serapan
dari Bahasa Yunani kuno, yaitu Logos yang memiliki makna budi, akal, dan kata.
Dengan terus berkembangnya teknologi juga mempengaruhi dalam
pembuatan logo, yang kreatif dan inovatif dengan menggambungkan beberapa elemen
seperti gambar, skesa, warna, tulisan, dll. Contoh pada logo salahnya adalah
perushaan asuransi Allianz, dimana mereka membuat logo dengan gabungan dari
tulisan dan warna.
Logo sebagai salah satu aplikasi dari corporate identity
dapat juga berfungsi sebagai pembeda antara perusahaan yang satu dengan
perusahaan lainnya. Sebagai suatu karya seni rupa, sebuah logo tidak lepas dari
elemen-elemen seni rupa dasar yang membentuknya. Sejalan dengan ungkapan Adams
(seperti dikutip Ramanda, 2011) menjelaskan bahwa elemen-elemen visual tersebut
terbagi menjadi empat diantaranya, garis, bentuk, warna, dan tipografi.
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda dan makna dari
tanda tersebut. Dalam semiotika, tanda-tanda memiliki konsep khusus dan
memungkinkan kita berkomunikasi, berpikir, dan memberi makna pada apa yang kita
lihat di dunia. Ada beberapa tokoh yang mengembangkan teori semiotika, salah satunya
adalah Charles Sanders Peirce.
Peirce mengartikan semiotika sebagai tindakan atau pengaruh yang melibatkan tiga subjek, yaitu tanda, objek, dan interpretan. Tindakan trirelatif ini menjadi dasar pemahaman Peirce tentang logika sebagai semiotika formal. Dalam semiotika Peirce, tanda-tanda memiliki fungsi dan kegunaan dalam berbagai aspek komunikasi
Tipografi adalah ilmu bidang membedah apa saja yang terdapat
pada huruf, yang mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai fungsi estetis dan fungsi
komunikasi, sebagai fungsi estetis, tipografi digunakan untuk menunjang
penampilan sebuah pesan agar terlihat menarik, sedangkan sebagai fungsi
komunikasi tipografi digunakan untuk menyampaikan pesan (informasi) berupa teks
dengan jelas dan tepat (Manggola, 2019). Dalam penelitian ini tentu Logo
terkait langsung dengan tipografi, karena terlihat jelas ada tulisan teksnya
bertuliskan Allianz yang perlu dianalisa sejalan dengan teori yang kembangkan.
Warna adalah terjadinya pemantulan unsur Cahaya pada sebuah
benda lalu diinterpresentasikan oleh mata berdasarkan Cahaya yang mengenai
benda tersebut. menurut KBBI, warna merupakan kesan yang didapatkan oleh mata
dari Cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Sedangkan secara
subjektif atau psikologi, warna bisa diartikan sebagai bagian pengalaman mata
atau Indera penglihatan manusia. Warna bisa diasumsikan sebagai rekasi otak
terhadap rangan visual secara khusus. Pada logo warna juga penting dalam
perananya sebagai pengingat, yang memberikan pengelihatan sehingga mampu
menstimuli perasaan, perhatian, dan minat seseorang (Kusrianto, 2007). Warna
salah satu kajian yang penting dan perlunya analisa apa makna sebenarnya dari
warna yang digunakan pada logo Allianz.
5. Tahap analisis
Pada penelitan ini menggunakan analisis teori semiotika
Charles sandres pierce yang telah mengembangkan teori-teori semiotika, yang
menjelaskan sebuah tanda-tanda tersebut dapat menyampaikan sebuah makna. Pada
teori semiotika pierce adanya terkaitnya repsentamen dan objek untuk
pengelompokan atau makna dari tanda tersebut, menurut pierce untuk menganilisis
tanda perlu Menggetahui Ikon, Indeks, dan Simbol, digunakan untuk menganalisis
makna dari warna-warna dan element visual yang terdapat pada logo Allianz.
5.1 Analisis pada logo
Ikon
Pada logo Allianz terdapat tulisan nama persushaannya dan
terdapat elemne visual lingkaran dan 3 garis
Indeks
Mengunakan warna biru dan mengunakan font Allianz sans sebagai
indentitas perushaan, lalu terdapat 3 garis yang mengvisualkan elang.
Simbol
Warna biru melambangkan professional dan elegan, font yang
digunakan untuk menjaga kualitas logo dan elang yang divisualkan oleh 3 garis
yang melambangkan visi dan misi perushaan.
5.2 Interpretasi makna pada logo
Pada awalnya warna
logo Allianz diwakili dengan warna hitam, sekarang telah diganti dengan warna
biru. Dengan warna biru memberikan tampilan elegan pada logo dan memberikan
kesan professional yang dapat memberikan brand image kepada audiens. Warna
biru juga melambangkan keunggulan, supremasi, dan kemegahan perusahaan. Selain itu,
warna ini juga membangun kepercayaan pengguna tanpa terkesan terlalu serius
atau dingin seperti warna hitam
Logo Allianz menggunakan font yang di ciptakan nya sendiri
yaitu Allianz Sans yang membantu menjaga keaslian dan keunikan tersendiri dari
logo terebut. Huruf-huruf yang digunakan A besar dan selainya huruf kecil
memberikan makna sebuah pertumbuhan Dimana dalam Sejarah perushaan allianz
mengalami banyak kendala yang dialami dan pada tahun 90an baru allianz mendapat
kesuksesan besar. Juga pada font pada huruf diputar ke kiri dan meniru putaran
kepala dan paruh elang, mengikat prasasti dan gambar menjadi satu kesatuan
komposisi.
Lalu terdapat 3 garis yang mengvisualkan elang yang
merentangkan sayap melambangkan persatuan, kekuasaan, dan kekuatan. Penggunaan
burung mencerminkan sentimen patriotik para pendiri perusahaan. Mereka
membayangkan perusahaan asuransi bertindak demi kesejahteraan warga negara dan
kejayaan negara.
Dan 3 garis melabangkan wilayah bisnis dari perushaan Allianz
yaiut life & Health, Property & Casualty dan Asset management. Memang dari
tujuan perushaan memberikan kesalamatan atau persiapan para nasaba untuk dalam menjalani
kehidupan dari segi finansial.
6. Kesimpulan
Dalam membuat logo perlu ada perhitungan dalam memilih element visual mau font yang digunakan untuk dapat sesusai dalam mendeksripsikan indentitas Perusahaan, pada logo perushaan Allianz memilih menggunakan visual tetap yaitu elang sebagai indentitas mereka yang mereka ingin terus mempertahankan Sejarah yang ada pada logo tetapi sekarang mereka tidak terlalu menonjolkan nya lebih sebagai visual pendukung pada logo, dan perlu adanya kreativitas dalam membuat logo contohnya pada logo allianz mereka menggunakan font buatanya senddiri untuk menjaga kualitas dari perushaan tersebut. Dan perlunya memperhatikan dalam pemilihan warna, perushaan Allianz peka dalam pemilihan warna, awalnya merka menggunakan warna hitam karena warna tersebut melambangkan asal persuhaan tersebut dan sekarang mengunakan warna biru yang membuat visual yang berikan lebih elegan dan membuat kenyamanan.
Komentar
Posting Komentar